Jumat, 19 Februari 2016

CARA MENJADI WANITA BAHAGIA

WE MUST KNOW

Menjalani kehidupan sebagai seorang wanita adalah anugerah yang begitu besar yang pernah kurasakan, meski hingga detik ini aku bukanlah seorang wanita yang hebat, namun aku selalu ingin menjadi lebih baik setiap hari mulai dari ibadah, pergaulan, penampilan, ketahanan fisik, mengelola emosi dan perasaan, belajar berpikir cepat dan mengambil keputusan yang bijaksana, menjadi seorang wanita yang cerdas dan berwawasan luas serta memiliki berbagai keterampilan termasuk urusan mengelola keuangan, urusan rumah hingga masak- memasak karena suatu saat jika ada kesempatan bakal menjadi seorang istri dan ibu dalam sebuah keluarga kecil. Selalu ingin belajar dan menjadi lebih baik untuk diri sendiri dan suatu saat untuk keluarga. Untuk bisa menjalani kehidupan seperti itu, dimulai dari memahami secara spesifik tentang diri sendiri, salah satunya adalah dengan menjalani kehidupan ini dengan bahagia, menjadi seorang wanita bahagia, agar selalu tercurah energi positif dan kekuatan penuh untuk mewujudkan segala keinginan-keinginan agar menjadi seorang wanita yang selalu bersyukur atas apapun yang terjadi dan bakal dihadapi dalam hidup ini. Berdasarkan pengalaman dan membaca beberapa artikel ada beberapa cara untuk menjadi wanita bahagia yang hingga detik juga aku masih berusaha untuk melakukannya:
  • Syukuri hal-hal kecil yang ada di sekitar. Saat aku melihat sekelilingku, banyak hal yang bisa disyukuri dan dapat dilakukan dengan hal yang sangat sederhana, misalnya ketika keluar rumah banyak hal yang bisa langsung disyukuri, karena aku adalah seorang pecinta awan, maka ketika keluar rumah melihat awan langsung membuatku takjub dan mengucap syukur betapa indahnya ciptaan Sang Kuasa. Ketika malam hari melihat bintang-bintang yang bertaburan juga selalu membuatku mampu mengucap syukur karena keindahannya, Hal lain mungkin bisa dengan melihat padi hijau, atau ketika berjalan melihat kehidupan orang lain yang tidak seberuntung aku.
  • Rutin melakukan perawatan terhadap diri sendiri. Dengan rutin merawat diri maka aku merasa nyaman dengan diriku sendiri. Merawat diri tidak hanya sekedar dengan memperhatikan penampilan fisik yang berhubungan dengan kecantikan dengan pergi ke salon atau melakukan perawatan ringan terhadap tubuh, tetapi juga dengan menjaga kesehatan tubuhku dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, banyak mengonsumsi air putih, serta rutin berolahraga, senam, meditasi/yoga. Jika hal itu selalu aku lakukan maka tubuh akan selalu merasa fresh dan bahagia dengan diri sendiri.
  • Tinggalkan kebiasaan buruk segera. Jangan selalu memelihara kebiasaan buruk karena itu akan sangat berbahaya bagi kehidupan, misalnya kebiasaan bangun siang. Mulailah untuk bangun pagi, melaksanakan ibadah shalat dan banyak hal yang bisa dilakukan di pagi hari misal berolahraga. Lakukan secara konsisten maka kebiasaan baik akan segera terpelihara. Jangan suka menunda, lakukanlah apa yang dapat dilakukan hari ini. Kebiasaan baik akan mendorong agar selalu menjadi lebih baik dan lebih positif sehingga akan muncul kebahagiaan dalam diri sendiri.
  • Kerjakan hal-hal yang disukai bukan sebaliknya. Lakukanlah pekerjaan dan kegiatan yang disukai agar selalu bersemangat dalam mengerjakannya, jika sudah terjebak oleh pekerjaan yang kurang disukai maka bisa memulai beradaptasi dengan hal tersebut, menikmati dan lakukan yang terbaik untuk pekerjaan yang sedang dihadapi.
  • Tidak melakukan hal yang sia-sia. Aku dulunya adalah seorang yang pendendam dan sangat mudah cemburu, namun pada akhirnya aku menyadari bahwa itu adalah hal sia-sia yang justru bisa merusak suatu hubungan sehingga sekarang aku benar-benar belajar tentang hal itu, menjadi pribadi yang pemaaf dan tidak menyimpan dendam meskipun pernah disakiti oleh orang lain. Dengan seperti itu hidupku jauh lebih damai dan bahagia.
  • Introspeksi diri agar selalu lebih baik. Setiap malam sebelum tidur aku selalu melakukan hal itu yaitu dengan mengevaluasi segala kegiatan yang sudah terjadi hari ini, jika ada kesalahan maka ke depan harus diperbaiki, ambil hikmah dari setiap kejadian, sehingga tidak menjadi beban yang membuat lebih damai.
  • Milikilah pergaulan. Mulai sekarang jangan hanya memiliki pergaulan di dunia maya apalagi dengan orang yang masih satu wilayah, bertemulah secara langsung, mengunjungi teman-teman lama, bercerita dan saling bertukar cerita dan pengalaman serta informasi-informasi baru. Dengan begitu silaturahmi dapat tetap terjaga dan meimbulkan kebahagiaan-kebahagiaan baru. Jangan takut untuk memulai silaturahmi karena itu adalah salah satu niat baik.
  • Jadilah wanita yang cerdas. Cara yang biasa kulakukan adalah dengan membaca buku, atau menambah wawasan baru dengan browsing internet, selalu update dengan berita dan informasi baru. Wanita cerdas lebih memancarkan aura positif dan kebahagiaan dibandingkan wanita yang hanya sekedar cantik secara fisik.
  • Cintai diri sendiri. Berdamailah dengan diri sendiri. jadikan diri sendiri sebagai partner terbaik yang bisa berjalan beriringan dengan hati dan pikiran agar dapat mencapai impian-impian yang sudah dirancangsehingga dapat menjalani hari-hari dengan penuh kebahagiaan.
  • Jadilah wanita solehah yang selalu dekat dengan Allah. Perbaiki ibadah, kerjakan shalat 5 waktu di awal waktu, membaca Al Quran, melakukan shalat sunah seperti shalat duha, tahajud, tasbih, melakukan puasa sunah senin dan kamis. Serahkan pada Allah atas apa yang telah diusahakan sehingga hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan damai.
  • Bahagiakan Orang Lain. Rasa bahagia itu menular, rasa bahagia bisa muncul saat berani untuk menciptakan kebahagiaan buat orang lain. Bantu orang lain yang sedang mengalami kesusahan, rutin bersedekah. Lakukan secara konsisten makan hidup akan lebih bahagia.
  • Nikmatilah hari ini yang masih diberikan Allah. Segala yang sudah berlalu jangan disesali terlalu lama. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran dan jangan mencemaskan masa depan. Hanya lakukan yang terbaik hari ini dan jangan menuda pekerjaan. Tersenyumlah cantik dan selalu bersyukur ketika masih diberi kesempatan untuk menjalani hari yang baru. Tersenyumlah dengan tulus, dengan tersenyum dapat meringankan beban yang sedang dihadapi. Berbahagialah selalu.
Dari cara-cara di atas hingga detik aku masih belajar untuk dapat melakukan semuanya lebih baik. Jika dilakukan secara konsisten maka lihatlah apa yang akan terjadi selanjutnya dalam hidup ini, banyak kejutan-kejutan manis yang akan dihadapi.THERE IS NO LIMIT OF STRUGGLING AND LEARNING. ALWAYS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar